Komunitas Berbagi (kombi) Lampung Terbentuk Untuk Menjadi Wadah Berbagi Banyak Hal Bagi Sesama Yang Membutuhkan.

117 views

TIRASPOST.COM, METRO – Berawal dari niat untuk bisa berbagi terhadap sesama, komunitas berbagi (kombi) lampung terbentuk untuk menjadi wadah berbagi banyak hal bagi sesama yang membutuhkan.

Sabtu pagi menjelang siang (2/3/2019), delapan relawan Kombi Lampung nampak sibuk menyiapkan makan siang gratis sebanyak 150 porsi di sudut Lapangan Samber Metro.

Jam menunjukkan pukul 12.15 WIB, saat puluhan orang berdatangan secara bergantian untuk menyantap menu makan siang gratis ini.

Tak hanya nasi, sayur, dan lauk-pauk, bahkan tersedia minuman dan buah jeruk di meja tempat Kombi Lampung membuka lapak makan siang gratis bagi kaum duafa dan yang membutuhkan ini.

Relawan akan mengambilkan nasi juga lauk pauknya hingga membereskan piring dan gelas kotor sisa pakai.

Tak butuh waktu lama, berselang dua jam makan siang gratis sudah ludes dari meja saji.

Rata-rata yang datang seperti tukang becak yang kebetulan lewat, pemulung, kuli pasar, musafir, dan warga masyarakat yang membutuhkan.

M Dedy Kurniawan, salah satu penggagas Kombi Lampung mengatakan, kegiatan berbagi makan siang gratis ini rutin digelar tiap satu minggu sekali. Tepatnya hari Sabtu siang.

Lokasinya berpindah-pindah setiap minggunya. Seperti di Bandar Jaya, Pasar Punggur, Pasar Kota Gajah, Lapangan Samber, Terminal Metro, hingga Pasar Natar.

“Rencananya pertengahan Maret mendatang makan siang gratisnya kami lakukan di lokasi baru di Bandar Lampung,” jelas Dedy kepada Awak media Sabtu sore usai kegiatan berbagi.

Donatur dari terlaksananya makan siang gratis ini dari berbagai kalangan.

Baik itu relawan dan beberapa pengusaha juga dermawan dari dalam maupun luar Lampung.

Di luar agenda berbagi makan siang gratis, sambungnya, Kombi Lampung juga memiliki program lainnya seperti berbagi perlengkapan sekolah, koper pusaka, berbagi uang saku, bantuan bencana atau sosial kemanusiaan, berbagi perlengkapan ngaji, hingga berbagi sembako dan kebutuhan rumah tangga.

“Semua program yang diadakan Kombi Lampung menyasar masyarakat terutama yatim dhuafa dan yang membutuhkan,” kata Agung.

Bahkan di luar agenda tersebut, juga ada etalase food and drink gratis.

Dimana siapapun boleh mengisi dan mengambil minuman juga makanan yang tersedia di etalase.

Bagi yang ingin mengisi dengan syarat makanan dan minumannya harus halal, segar atau baru dan sehat bergizi.

“Bisa menghubungi nomor whatsapp 085768571237 atau 085775626241 bagi yang ingin berbagi terhadap sesama,” tandas Agung.

Salah satu tukang becak Metro Ahmad Saiful mengaku bahagia terhadap masyarakat yang masih memiliki kepedulian terhadap sesama. Walau hanya lewat cara berbagi makan siang gratis.

“Kebetulan lewat abis narik (becak) kok ada yang buka lapak makan siang gratis, jadi saya ke sana nyobain. Makanannya enak dan bayarnya cukup pakai doa,” ujar dia.(*)

#berbagi #duafa #lapangan samber #METRO #pemulung #samber

Author: 
    author

    Related Post