Pemkot Metro Memperingati Hari Pendidikan 02 Mei 2019.

TIRASPOST.COM, METRO – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 02 Mei tahun 2019, sebagaimana diketahui bahwa tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara tokoh pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional. Berlangsung di Samber Park, Kota Metro, Kamis (02/04/19).

Turut Hadir Walikota Metro, Sekda Kota Metro, Forkopimda Kota Metro, Assisten, Kepala OPD se-Kota Metro, Dandim, Kapolres, Siswa-siswi SMA, SMK, SMP, SD se-Kota Metro, dan peserta upacara.

Didalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang dalam hal ini disampaikan oleh Walikota Metro Achmad Pairin bahwa bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, tanggal 17 April 2019 yang lalu. Kini prosesnya masih berlanjut menuju penentuan akhir tanggal 22 Mei 2019. Dilihat dari sudut pandang pendidikan, di dalam Pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakikatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan. Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan insfratruktur ke pembangunan sumber daya manusia (SDM), tambah Pairin.

“Disini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya. Terkait dengan itulah, Tema Hari Pendidikan Nasional kali ini adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hadjar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan”, ucap Pairin.

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan SDM yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif”, tegas Pairin.

Selanjutnya, atas nama Pemerintah, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan pendidikan dan kebudayaan diseluruh penjuru negeri, terutama kepada Ibu dan Bapak pendidik dan tenaga kependidikan disemua jenjang, para pegiat PAUD, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan kontributor pendidik lainnya, yang tak lelah menyalakan mimpi, memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya. Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pemberi Anugerah, selalu meridhoi ikhtiar kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kita tercinta”, tutup Pairin.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Metro didampingi Ketua DPRD Kota Metro, Fokorpimda Kota Metro, Sekda Kota Metro, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, menyerahkan penghargaan kepada Juara Lomba Olimpiade Guru Nasional Tingkat Kota Metro tahun 2019, serta Juara Lomba Apresiasi PTK Paudni Tingkat Kota Metro tahun 2019.

Adapun rincian penerima untuk Lomba Olimpiade Guru Nasional Tingkat Kota Metro tahun 2019 diantaranya, Lilik Firdayati, S.Pd Guru matematika SMP N 3 Metro, Novitri Rahayu N, S.Pd guru IPA SMP N 10 Metro, Agus Pujianto, S.Pd guru IPS SMP Muhammadiyah 3 Metro, Fransisca, S.Pd guru Bahasa Indonesia  SMP N 1 Metro, Siswati, S.Pd guru bahasa inggris SMP N 8 Metro, Badra Bayu Sugara, S.Pd guru matematika SDN 9 Metro Pusat, Citra Pitaloka, S.Pd guru Tematik SDN 5 Metro Barat.

Sedangkan untuk Juara Lomba Apresiasi PTK Paudni Tingkat Kota Metro tahun 2019 adalah Elda S Tambara LKP ITECH Indonesia pengelola LPK, Imam Santoso Al Suroya Pengelola PKBM, Dimas Hasbi Prayoga LKP Smart KIO Instruktur kursus komputer, Astri Yusniarti PKBM Sakura Tutor Pendidik Kesetaraan, Maya Arbasari KB AKA Mandiri Pendidik PAUD (KB).(RF)

Pos terkait