Pemerintah Kota Metro Melakukan Kegiatan Prosesi Pelaksanaan Pelepasan Pineng Ngerabung Sanggagh Kota Metro.

67 views

TIRASPOST.COM, METRO – Dalam rangka Memperingati Hari Jadi Kota Metro ke-82 dan Metro Expo Tahun 2019, Pemerintah Kota Metro melakukan Kegiatan Prosesi Pelaksanaan Pelepasan Pineng Ngerabung Sanggagh Kota Metro Tahun 2019, Rabu (21/08/19).

Kegiatan yang berlangsung  di Lapangan Samber Kota Metro ini dihadiri oleh Walikota Metro Achmad Pairin yang bergelar Rajo Perwira Pemangku Bumi Sai Wawai II, Wakil Walikota Metro Djohan  yang bergelar Ngedeko Pangeran Mangku Bumi Sai Wawai II, Forkopimda Kota Metro, Sekretaris Kota Metro, Para Staf Ahli Walikota Metro, Asisten Sekda Kota Metro dan Majelis Penyimbang Adat Lampung Kota Metro, serta OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Metro.

Padaacara ini dilaksanakan tata cara prosesi perkawinan adat Lampung, yang bertujuan untuk menggambarkan suatu ungkapan kebahagiaan dan rasa syukur. Hal ini juga sebagai upaya untuk menjelaskan kepada masyarakat, bahwa status seseorang sudah berubah dengan segala konsekuensinya serta sebagai visulisasi dari perjuangan hidup berumah tangga, yang penuh lika-liku dan harus dihadapi.

Walikota Metro Achmad Pairin pada kesempatannya menyampaikan, terima kasih dan apresiasi kepada Perwatin adat Lampung dan segenap panitia gawi sehingga acara pelaksanaan Pelepasan Pineng Ngerabung Sanggagh Kota Metro Tahun 2019 dapat berjalan lancar .

Selain itu, Achmad Pairin juga menjelaskan bahwa, kegiatan upacara pernikahan adat Lampung dikenal dengan dua tingkatan, pineng ngerabung sanggagh dan ittar terang (bumbang aji dan bumbang ratu). “Tentunya, saya berharap kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat berbasis ekonomi kerakyatan melalui sektor wisata, menumbuhkan kesadaran dalam melestarikan adat budaya dan dapat mengembangkan potensi diri dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pembangunan dalam bidang Pendidikan dan Kebudayaan di Kota Metro,” ucapnya.(RF)

#KOTA METRO #METRO

Author: 
    author

    Related Post